Thursday 18 April 2013

Khasiat dan kegunaan daun randu /kapuk


Tentu tidak asing lagi nama tumbuhan ini bagi teman-teman ,pohon randu /banyak kalangan menyebut pohon kapuk,tumbuhan ini biasanya banyak orang memakai buahnya untuk alas tidur (kasur /bantal) namun sekarang fungsinya banyak tergantikan oleh bahan sintetis.
Namun dibalik buahnya untuk alas tidur ada lagi manfaat yang sangat berguna buat kehidupan manusia  yaitu untuk penyembuhan atau pengobatan herbal diantaranya :

1.Obat panas dalam
    ini fungsi pokok penyembuhan daun randu/kapuk mampu menurunkan panas dalam tubuh dengan cepat caranya:
       -ambil daun kapuk/randu  5 batang daun
       -cuci dengan air bersih untuk menghilangkan kotoran /debu yang menempel.
       -tiriskan dan tumbuk sampai halus
       -campur dengan air matang dingin dan peras sampai larut lalu saring kedalam gelas,minumkan                          pada penderita panas tinggi rutin pagi dan sore .
 2x minum sudah terasa khasiatnya.

2.menurunkan panas pada penderita DBD(demam berdarah)
    biasanya penderita demam berdarah (DBD) mengalami panas yang sangat tinggi khususnya saat pasca penyembuhan,hal ini penderita mengalami rasa sakit dan panas yang luar biasa,untuk mencegah hal ini terjadi kita coba berikan ramuan alami daun kapuk/randu ini dengan kadar pemakain lebih banyak di banding pengobatan panas biasa seperti diatas (no.1).
Cara meramu obat ini sama seperti diatas,Cuma minumkan tiap pagi,siang dan sore hari.ini akan mengurangi rasa sakit akibat panas tinggi penderita demam berdarah.

3.menurunkan panas pada penderita typus
   penderita typus biasanya disertai panas yang tinggi di saat sore hari dan kondisi tubuh terasa lemas,untuk menghindari rasa panas dan lemas coba berikan ramuan daun kapuk/randu ini seperti (no.1) secara rutin pagi dan sore , panas akan turun dan tubuh terasa segar tidak lemas.

Untuk pencegahan kita bisa konsumsi 1x dalam sehari mudah-mudahan kita terhindar dari panas dalam,dan tubuh terasa lebih segar.semoga ini bermanfaat bagi semua ,karena sebetulnya tuhan telah menyediakan obat di sekitar kita.